Senin, 16 April 2012


Rindu Suasana UTS
Unik, menarik, dan asik. Mungkin kata-kata itulah yang bisa menggambarkan suasana saat UTS berlangsung maupun beberapa hari sebelumnya. Unik, karena momen UTS membuat perilaku sebagian besar mahasiswa berubah cukup drastis, dari yang tadinya amalnya biasa-biasa saja, ketika menjelang atau selama UTS menjadi manusia sholeh atau “alim’’. Sholat dhuha sering, shodaqoh rajin, belajar apalagi. Momen UTS ini juga terasa menarik karena kondisi di atas terjadi secara musiman, laiknya buah-buahan. Mushola-mushola dipenuhi mahasiswa yang sedang berdebar menunggu ujiannya hari itu. Lebih dari itu, momen UTS ini juga terasa asik karena waktu luang menjadi semakin banyak dengan diberhentikannya secara sementara kegiatan-kegiatan nonakademik. Khusus bagiku, keasikan ini terasa ketika melihat perubahan mayoritas mahasiswa yang menjadi semakin kalem dan sholeh, masjid sering dikunjungi, dan kebaikan-kebaikan lain yang turut rutin dilakoni.
Kebiasaan-kebiasaan di atas, seperti sholat dhuha, shodaqoh, sholat berjamaah, dan kebaikan lainnya memang baik, tapi ada yang sangat disayangkan, yaitu kembalinya mahasiswa ke kondisinya seperti sebelum UTS. Ketika UTS sudah selesai dieksekusi kebiasaan-kebiasaan seperti melaksankan sholat berjamaah di masjid, sholat Dhuha, dan shodaqoh yang dulu sering dilakukan malah menurun, bahkan tidak pernah lagi, tidak sama seperti saat UTS berlangsung di mana pengunjung mushola menjadi semakin ramai. Ada apa dengan ini?
Hanya ingin memberitahu bahwa Alloh lebih menyukai orang yang beramal secara rutin dan kontinu daripada insidental. Alloh tidak akan pernah bosan memperhatikan amal kita sampai kita sendiri yang merasa bosan. Mudah kan? Dengan demikian, sebenarnya kita diutamakan agar beramal yang ringan, berkualitas, dan kontinu, tidak perlu bersusah payah beramal yang malah memaksakan diri. Inilah salah satu kebaikan dari Alloh. Pokoknya, dalam beramal, usahakan yang tidak memberatkan diri ya... Walaupun terasa kecil dan ringan, yang penting harus istiqomah atau rutin dilakukan. 
Okeh? Okelah… Semangaat\\(^_^)//


0 komentar :

Posting Komentar